Situs Resmi Relawan Teman Ahok

Survei Terbaru Menunjukkan Efek Debat Berpengaruh Terhadap Elektabilitas Ahok Tidak Terbendung

Survei Terbaru

Survei Terbaru Menunjukkan Efek Debat Berpengaruh Terhadap Elektabilitas Ahok Tidak Terbendung

temanahok.info Survei yang dilakukan pada tanggal 7-12 April 2017 juga menggunakan metode multistage random sampling. Jumlah responden dalam survei yakni sekitar 782 orang yang tersebar di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, Jakarta Barat dan Jakarta Timur.

Tingkat kepercayaan survei yakni sebesar 95 persen dengan margin of error sebesar 3,5 persen. Hasilnya, juga Ahok-Djarot yang memperoleh elektabilitas sebesar 47,3 persen dan juga Anies-Sandiaga 44,8 persen. Sementara itu juga responden yang belum juga menentukan pilihan sekitar 7,9 persen.

Direktur Eksekutif Charta Politika yaitu Yunarto Wijaya juga mengatakan elektabilitas daripada hasil survei tersebut belum dapat menunjukkan siapa paslon yang akan memenangi Pilgub DKI putaran kedua itu. “Survei yang kita lakukan ini, pada saat hari terakhir kampanye ya. Ada perdebatan apakah kita bisa lakukan rilis. Kita ambil yang paling aman, di hari terakhir kampanye. Tren peningkatan terlihat pada pasangan Ahok-Djarot sementara Anies-Sandi terlihat stagnan,” kata Yunarto di kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Sabtu lalu.

jelaspoker

Selain elektabilitas, hasil survei yang dilakukan Charta Politika juga menunjukkan tingkat kepuasan warga DKI terhadap kinerja Pemprov DKI Jakarta di kepemimpinan Ahok-Djarot. Sebanyak 71,9 persen responden mengaku telah puas sedangkan 21,6 persen lainnya tidak merasa puas. Hasil survei yang dirilis Charta Politika, Sabtu lalu, menunjukkan tingkat elektabilitas pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat alias Ahok-Djarot cenderung meningkat sejak November 2016 hingga April 2017, sedangkan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno/Anies-Sandi juga mengalami fluktuasi.

Data Charta Politika juga menunjukkan pada November 2016, elektabilitas akan Ahok-Djarot hanya sebesar 31,1 persen, sedangkan Anies-Sandi yang unggul jauh dengan 40,7 persen. Sedangkan pada bulan Januari 2017, elektabilitas Ahok-Djarot sedikit meningkat menjadi sebesar 34,7 persen, sedangkan Anies-Sandi terus melaju hingga 45,2 persen.

Pergeseran elektabilitas itu mulai terjadi pada Februari 2017. Elektabilitas Anies-Sandi sedikit menurun menjadi 44,5 persen, sedangkan Ahok-Djarot menyentuh 41 persen.Tren elektabilitas Ahok-Djarot terus meningkat pada April 2017 dengan 47,3 persen, sedangkan Anies-Sandi sedikit meningkat menjadi 44,8 persen. Perlahan tapi pasti, itulah yang terjadi dengan elektabilitas Ahok. Survei Charta Politica dilakukan setelah tanggal 7 April hingga 12 April. Saat itu banyak kejadian yang dapat membuat elektabilitas Ahok meningkat. Salah satu diataranya adalah debat pamungkas dimana Ahok tampil luar biasa menggilas Anies, juga Djarot yang men-skakmat Sandi.

Sebelumnya SMRC merilis hasil survey yang mereka lakukan selama satu bulan hingga beberapa hari sebelum debat hasilnya sudah menunjukkan tren bahwa suara Ahok meningkat dan tren suara Anies menurun. Seperti dugaan saya sebelumnya berdasarkan hasil survei SMRC, debat menjadi penentu, debat menjadi game changer-nya. Dan benar saja, survey Charta Politica memperlihatkan Ahok jauh meninggalkan Anies.

“Daftarkan segera diri anda bersama kami di jelasbola, proses daftar-deposit-withdraw yang mudah dan cepat 24 jam, hanya dengan deposit 50 ribu saja anda sudah bisa bergabung bersama JELASBOLA Agen Judi Online Terpercaya”

JELASBOLA POSTING BANNER

Silahkan Hubungi Costumer Service JELASBOLA
Kami Siap Membantu Anda 24 jam non-stop.

Comments

comments

One Response to Survei Terbaru Menunjukkan Efek Debat Berpengaruh Terhadap Elektabilitas Ahok Tidak Terbendung

  1. […] Baca Juga ( Survei Terbaru Menunjukkan Efek Debat Berpengaruh Terhadap Elektabilitas Ahok Tidak Terbendung ) […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *